• Kontak Kami
  • Hotline : 081394499700
  • SMS : 081394499700
  • BBM : D73783A1

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan di kirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya.
Beranda » Produk » Argokomplek » Pertanian » TANGGUH Pupuk Hayati & Dekomposer (Meningkatkan Penyerapan Pupuk Kimia)

TANGGUH Pupuk Hayati & Dekomposer (Meningkatkan Penyerapan Pupuk Kimia)

Ditambahkan pada: 26 March 2017 / Kategori:
Kode : TADEC
Berat : 1000 gram
Stok : Ready Stock
Dilihat : 4.270 kali
Review : Belum ada review
Rp 75.000
Tentukan Pilihan!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang TANGGUH Pupuk Hayati & Dekomposer (Meningkatkan Penyerapan Pupuk Kimia) kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi TANGGUH Pupuk Hayati & Dekomposer (Meningkatkan Penyerapan Pupuk Kimia)

TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer merupakan produk terbaru dengan bahan dasar bakteri dari PT. Natural Nusantara yang diproduksi sebagai usaha untuk ikut meningkatkan hasil produksi pertanian Indonesia baik secara kualitas, kuantitas dan kelestarian lingkungan (Aspek K-3). TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer terbuat dari bahan organik alami sehingga ramah lingkungan dan aman untuk manusia.

TANGGUH Pupuk Hayati

Selain itu, TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer juga mengandung mikroorganisme dan mikrobia yang bermanfaat untuk mempercepat dekomposisi atau perombak bahan organik untuk menghasilkan nutrisi tersedia bagi tanaman, dan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman serta meningkatkan hasil panen, dan juga meningkatkan efektifitas penyerapan pupuk kimia, yang berfungsi sebagai bahan pembenah tanah, menteralisir senyawa-senyawa berbahaya dan mempercepat penguraian sisa pupuk kimia dan bahan organik yang ada dalam tanah.

Pupuk adalah bahan tambahan yang digunakan pada tanaman ataupun tumbuh-tumbuhan yang dapat mencukupi kebutuhan mineral dan unsur hara yang diperlukan sehingga mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik. Unsur hara yang diperlukan oleh tanaman adalah: C, H, O (ketersediaan di alam melimpah), N, P, K, Ca, Mg, S (hara makro), dan Fe, Mn, Cu, Zn, Cl, Mo, B (hara mikro).

Biasanya material pupuk dapat berupa bahan-bahan yang berasal dari alam atau organik, tetapi bisa juga non organik. Terdapat perbedaan dari pupuk dan suplemen, bahwa pupuk mengandung bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suplemen untuk tanaman biasanya digunakan untuk kelancaran proses metabolisme saja. Namun tak jarang juga pupuk buatan yang dibuat dengan dicampuri berbagai material suplemen.

Pupuk dapat diberikan melalui tanah, daun, atau juga bisa dengan cara injeksi ke batang tanaman. Jenis pupuk juga terbagi menjadi dua yaitu pupuk bentuk padat maupun cair. Kemudian berdasarkan proses pembuatannya pupuk dibedakan menjadi pupuk alam dan pupuk buatan.

Pupuk alam adalah pupuk yang didapat langsung dari alam. Contohnya fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, dan kompos. Jumlah dan jenis unsur hara yang terkandung di dalamnya sangat bervariasi. Oleh karena itu sebagian dari pupuk alam dapat disebut sebagai pupuk organik karena merupakan hasil proses dekomposisi dari material mahluk hidup seperti, sisa tanaman, kotoran ternak, dan lain-lain.

Dalam memberikan pupuk petani juga harus memperhatikan kebutuhan dan keperluan unsur dan mineral dari tumbuhan yang ditanam agar tumbuhan itu tidak mendapat terlalu banyak zat makanan. Jika pemberian pupuk diberikan dalam jumlah yang tidak sesuai maka itu malah akan berbahaya bagi tumbuhan.

Pupuk juga memiliki banyak sekali jenis-jenis dan macam-macamnya. Pupuk biasanya dikelompok-kelompokkan untuk kemudahan pembahasan, dab pembagian itu dibuat berdasarkan sumber bahan pembuatannya, bentuk fisiknya, atau berdasarkan kandungannya. Sedangkan berdasarkan bentuk fisik, pupuk dibedakan menjadi dua yaitu pupuk padat dan pupuk cair.

Jenis pupuk padat diperdagangkan dalam bentuk onggokan, remahan, butiran, atau kristal. Sementara pupuk cair biasanya diperdagangkan dalam bentuk konsentrat atau cairan. Pupuk padatan juga dapat diaplikasikan ke tanah/media tanam, sementara pupuk cair diberikan secara disemprot ke tubuh tanaman.

Lahan Pertanian Subur

Tanah disini adalah media atau tempat tumbuhnya tanaman. Secara geologis tanah dapat disebut bagian dari bumi yang terluar mempunyai ketebalan lapisan yang relatif tipis. Dalam penjelasan yang lebih intens, tanah sebenarnya berasal dari hasil pelapukan batuan, dimana dalam proses pembentukannya menjadi tanah sangatlah dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan seperti bahan induk, iklim tiap daerah, topografi, vegetasi, atau organisme yang hidup di area tersebut.

Kesuburan tanah adalah kondisi atau keadaan dan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan dari tanaman dengan berbagai faktor yang ada didalamnya seperti biologi, kimiawi dan fisika. Banyak yang menduga bahwa kesuburan tanah sama dengan kesehatan tanah.

Dalam proses pembentukan tanah, faktor-faktor tersebut akan bekerja secara dinamis melalui proses fisika, kimia, biologis, maupun proses ketiga-tiganya bekerja secara bersamaan serta saling berinteraksi. Proses pembentukan tanah akan berjalan terus menerus dan saling mempengaruhi, dominasi dari masing-masing faktor pembentuk tanah sangatlah beragam.

Kesuburan tanah adalah salah satu kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara bagi tanaman. Kesuburan tanah merupakan suatu nilai kualitas dari kemampuan tanah untuk menyediakan hara bagi pertumbuhan suatu jenis tanaman dalam jumlah yang memadai dan seimbang. Tentunya tingkat kesuburan tanah akan mempengaruhi produksi dan hasil tanaman.

Untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah suatu lahan dapat dilakukan dengan menganalisis tanah di laboratorium, maupun pengujian penjajagan hara yang dilakukan di lapangan maupun dalam pot di rumah kaca. Tanah yang subur akan memiliki struktur yang berlempung dimana struktur ini berfungsi untuk mengikat berbagai jenis mineral yang dibutuhkan tanaman sehingga tidak mudah hanyut terbawa air. Namun kadar lempung haruslah normal dan biasanya terletak pada lapisan tanah tengah.

Tak hanya manusia, bahwa tanaman hidup juga membutuhkan makanan sebagai nutrisi. Sebenarnya secara alami nutrisi pada tanaman sudah terdapat dialam baik dalam tanah maupun pada siraman air hujan. Hanya saja terkadang kadar nutrisi di alam bebas kurang mencukupi untuk mendukung pertumbuhan optimal dari suatu tanaman.

Selain itu juga memiliki kandungan pasir yang mencukupi, manfaatnya supaya memungkinkan terjadinya drainase dan air dapat terserap ke dalam tanah dengan baik. Tak hanya itu, jika air dapat terserap ke dalam tanah dengan baik maka akan hidup makhluk yang berukuran kecil sebagai penghuni tanah yang menandakan bahwa tanah anda tersedia berbagai kebutuhan organik yang diperlukan bagi mikroorganisme untuk menunjang hidup. Karena merekalah yang berperan dalam indikator kesuburan tanah.

Namun pada kenyataannya tidak selalu demikian, karena kesehatan tanah memiliki cakupan pembahasan yang berbeda lagi. Kesehatan tanah lebih diartikan sebagai suatu kondisi atau keadaan tanah yang mendukung dan menjamin tanaman dapat tumbuh dan berkembang secara optimal tanpa adanya gangguan dari berbagai faktor.

Secara keseluruhan antara kesuburan dan kesehatan tanah sulit dibedakan. Biasanya jenis tanah yang subur tentu akan membuat tanaman tumbuh sehat terlepas dari faktor bibit penyakit yang dapat saja menyerang suatu tumbuhan atau tanaman. Hal ini dilakukan supaya tanaman dapat memanfaatkan fungsi dan peran tanah diperlukan keadaan tanah yang subur sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Karena peranan kesuburuan tanah yang sangat penting tersebut sehingga sebelum memulai program tanam pada lahan baru hendaknya dilakukan observasi untuk mengetahui tingkat kesuburuan suatu tanah untuk mengetahui unsuh hara yang terdapat pada tanah tersebut.

Suatu tanah yang dikatakan subur dapat diketahui dengan melihat ketebalan dari humus yang merupakan kandungan dari dalam tanah. Semakin tebal maka tandanya tanah tersebut semakin kaya dengan bahan yang alami dan unsur hara yang tinggi sehingga tanaman dapat menyerap zat dari unsur hara tersebut sebagai bahan baku tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

Ketersediaan humus tadi juga dikatakan sebagai tanda bahwa sistem aliran air dari lahan sekitar yang baik. Humus yang tebal akan mampu meningkatkan daya hisap tanah terhadap air, hal ini disebabkan struktur lapisan humus yang memiliki rongga sehingga memungkinkan air untuk masuk lebih banyak. Tanah yang baik haruslah juga memiliki tingkat keasaman yang seimbang.

Perlu anda ketahui bahwa PH normal tanah berada pada kisaran 6 hingga 8. Lalu pada kondisi terbaik memiliki PH 6.5 hingga 7.5. Tanah dengan tingkat keasaman yang netral memungkinkan untuk tersedianya berbagai unsur kimiawi tanah yang seimbang.

Sangat jarang dan bahkan mungkin sangat sedikit petani yang menyadari bahwa tumbuhan memerlukan bahan organik untuk kelangsungan hidupnya. Tidak sedikit petani yang beranggapan bahwa bila menggunakan pupuk kimia yang banyak maka akan memperoleh hasil yang sangat banyak pula.

Dengan menggunakan produk TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer maka anda akan mendapatkan hasil tanaman yang sehat karena kandungan di dalam produk ini yang berguna bagi seluruh jenis tanah dan tanaman. Tanpa takut oleh kandungan di dalamnya, produk ini mengandung bahan alami yang tidak berbahaya.

Pupuk Organik

Pupuk organik adalah pupuk yang mencakup semua pupuk yang dibuat dari sisa-sisa mikroorganisme atau organ hewan dan tumbuhan. Lalu untuk pupuk kimia dibuat melalui proses pengolahan oleh manusia dari bahan-bahan mineral. Pupuk kimia dibilang pupuk yang lebih murni daripada pupuk organik, dengan kandungan bahan yang sudah diperhitungkan. Pupuk organik sukar ditentukan isinya karena petani tidak bisa mengetahui komposisi dari pupuknya.

Ternyata terdapat sebuah keunggulan lain yang terdapat dalam pupuk organik adalah ia dapat memperbaiki kondisi fisik tanah karena membantu pengikatan air secara efektif. Pupuk organik telah mencakup semua bahan yang dihasilkan dari makhluk hidup, seperti kotoran pada hewan, kompos, sisa-sisa sayuran, dan bubuk tulang.

Kotoran hewan merupakan limbah yang seringkali menjadi permasalahan pada lingkungan karena bau tidak sedapnya dan mengganggu masalah kebersihan. Namun sebenarnya itu semua dapat dimanfaatkan sehingga penggunaan kotoran hewan sebagai pupuk dapat menguntungkan secara lingkungan dan pertanian. Tulang hewan juga dapat dijadikan bubuk tulang yang kaya kandungan fosfat yang berguna bagi kesuburan tanah.

Pupuk organik diketahui mampu meningkatkan produktivitas tanah secara berkepanjangan karena pupuk organik menjadikan tanah sebagai sarana sekuestrasi karbon. Nutrisi yang dihasilkan pun meningkatkan keanekaragaman hayati tanah pertanian dengan menyediakan bahan untuk nutrisi mikro bagi jamur tanah yang dapat membantu tanaman menyerap nutrisi.

Sifat dari pupuk organik adalah kompleks yang berarti ketersediaan senyawa yang ada pada pu7puk tidak berupa unsur sederhana yang dapat diserap langsung ke dalam tanah. Artinya jika pupuk organik tidak dikelola atau diolah secara tepat justru akan menjadi sarana pertumbuhan patogen yang merugikan bagi tanaman.

Manfaat pupuk organik adalah meningkatnya produktivitas dari lahan pertanian. Dengan meningkatnya kadar kandungan bahan organik dan unsur hara yang ada dalam tanah, maka dengan sendirinya tanah memperbaiki sifat, kimia dan biologi tadi tanah atau lahan pertanian. Pengolahan lahan tanah akan semakin baik karena semakin mudah anda akan dapat menangani permasalahan lahan.

Harga pupuk organik pun lebih murah daripada pupuk lain oleh karena bahan dari pupuk organik dapat dengan mudah didapat pada alam. Selain itu kandungan dari pupuk organik adalah unsur mikro yang lebih lengkap daripada menggunakan pupuk kimia sehingga kehidupan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman dari diberikan menggunakan pupuk organik.

Kelebihan lain dari pupuk organik yaitu mempunyai kemampuan dalam memobilisasi atau menjembatani unsur hara yang ada di dalam tanah sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh tanaman. Karena pupuk organik mempunyai kemampuan dalam melepas hara tanah dengan sangat perlahan dan terus menerus, maka ini akan membantu mencegah terjadinya kelebihan unsur hara yang membuat tanaman keracunan dan mati.

Oleh sebab itu perlu sekali untuk dilakukan teknik pemupukan dan mengetahui kadar unsur hara pada tanaman agar dapat juga meningkatan kadar nutrisi pada tanaman. Macam-macam pupuk tanaman ada 2 jenis yakni pupuk alami dan pupuk kimia yang masing-masing memiliki manfaat besar pada tanaman. Dengan menggunakan produk TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer maka anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesuburan tanah dan juga tanaman anda.

Manfaat TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer

  1. Mempercepat proses perombakan tanah (dekomposisi)
  2. Sebagai bahan organik untuk menghasilkan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman (hasil panen)
  3. Memberikan fitohormon yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman
  4. Bermanfaat sebagai bahan untuk memperbaiki tanah yang rusak dan keras
  5. Dapat menetralisir senyawa-senyawa berbahaya dan mempercepat penguraian sisa dari pupuk kimia dan bahan organik yang ada di dalam tanah, sehingga dapat diserap lagi oleh akar dan dapat dimanfaatkan lagi oleh tanaman
  6. Pupuk kimia jadi lebih efektif diserap oleh tanaman
  7. Membantu mengurangi pertumbuhan mikroba yang dapat merugikan tanaman

Menggunakan produk TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer memiliki banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi kesuburan tanah dan tanaman karena kandungan di dalamnya.

Kandungan TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer

  • Aspergillus sp :  105 cfu/ml
  • Azotobacter sp :  106 cfu/ml
  • Streptomyces sp :  106 cfu/ml
  • Lactobacillus sp : 107 cfu/ml
  • Saccharomyces sp :  107 cfu/ml
  • Tricoderma sp :  105 cfu/ml
  • Patogenisitas :  negatif

Kandungan Unsur TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer

N, P, K, C Organik, Zn, Cu, Mn, Co, Fe, S, Mg, Cl, Na, B, Si, Al, Na, Cl, Se, Cr, Mo, V, So4, Humat – Vulfat.

Cara Penggunaan TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer

TANGGUH Pupuk Hayati Nasa

  1. Pemakaian sebagai dekomposer
  • Siapkan terlebih dahulu bahan baku yang akan difermentasi (seresah, jerami, tandan kosong kelapa sawit, kotoran hewan, sampah organik, dan lain-lain)
  • Campurkan TANGGUH sebanyak 1 liter ditambah air secukupnya untuk 4-5 ton bahan yang akan difermentasi. Untuk mempercepat proses fermentasi, bisa ditambahkan gula pasir atau gula merah dan Urea sebanyak 0,25 kg.
  • Siram atau semprot larutan pada bahan baku hingga merata
  • Tumpukan bahan yang sudah tercampur, diatur dengan ketinggian 1 meter maksimal.
  • Tutup bahan yang telah tercampur agar terhindar dari hujan dan panas matahari secara langsung.
  • Jaga kelembapannya, jangan terlalu basah atau terlalu kering. Jika terlalu kering segera semprotkan air.
  • Setelah 1-2 bulan, bahan akan matang. Ditandai dengan ciri: suhu dingin, meremah, warna menjadi lebih gelap daripada bahan aslinya.
  1. Pemakaian sebagai pupuk hayati
  • Dapat disiram ke tanah dengan dosis: 2-3 cc/liter air (1 tutup botol per 5 liter air)
  • Untuk penyemprotan ke tanaman menggunakan dosis: 50-70 cc/tangki (5 tutup botol per tangki)
  • Kebutuhan TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer: 3-5 liter per Ha.

TANGGUH Pupuk Hayati dan Dekomposer sangat baik untuk semua jenis tanaman pangan, buah-buahan dan perkebunan. Dapatkan produk “TANGGUH” Pupuk Hayati dan Dekomposer hanya dari distributor resmi PT. Natural Nusantara (NASA).

Butuh Bantuan? Jangan Sungkan!

Jika Anda Butuh Bantuan, Ataupun Hal -Hal Yang Ingin Ditanyakan, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami, Dengan Senang Hati Akan Kami Bantu

 ----------------------------------------------------

TELP/SMS/WA

Belum ada review untuk TANGGUH Pupuk Hayati & Dekomposer (Meningkatkan Penyerapan Pupuk Kimia)

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*







Produk Terkait TANGGUH Pupuk Hayati & Dekomposer (Meningkatkan Penyerapan Pupuk Kimia)

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami

Best Seller
OFF 21%
Rp 275.000 Rp 349.000
Ready Stock / WHTE
Best Seller
OFF 16%
Rp 250.000 Rp 299.000
Ready Stock / HDE
OFF 20%
Rp 180.000 Rp 225.000
Ready Stock / EYECARE
SIDEBAR