• Kontak Kami
  • Hotline : 082133666560
  • SMS : 082133666560
  • BBM : D73783A1

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan di kirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya.
Beranda » Artikel Terbaru » 15 Jenis Kelinci Hias Yang Menggemaskan Untuk Dipelihara

15 Jenis Kelinci Hias Yang Menggemaskan Untuk Dipelihara

Diposting pada 26 July 2017 oleh Mba Seli

Kelinci Hias yaitu kelinci jinak yang menggemaskan dan lucu yang membuat beberapa orang ingin memeliharanya. Kelinci merupakan hewan mamalia berkaki empat yang memiliki bulu dan tingkah laku yang sangat lucu. Sebagian kelinci pada saat ini digunakan sebagai hewan peliharaan dan hewan pedaging. Biasanya, kelinci yang digunakan untuk dikonsumsi merupakan kelinci yang memiliki ukuran tubuh yang besar. Sedangkan, kelinci yang digunakan untuk hewan peliharaan adalah kelinci yang kecil dan lucu.

Jenis kelinci, baik digunakan untuk konsumsi maupun untuk hewan peliharaan, memiliki harga yang bervariasi. Untuk mengetahui jenis dan harga kelinci. Berikut beberapa jenis beserta harga kelinci di Indonesia. (Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kelinci)

Kelinci Hias Anggora

Kelinci Anggora merupakan salah satu jenis kelinci yang berasal dari Ankara, Turki. Anggora bisa terkenal di seluruh dunia berkat jasa dari pelaut Inggris. Pelaut Inggris menemukan dan membawa kelinci ini ke Inggis dan selanjutnya kelinci ini juga diperkenalkan di Prancis pada tahun 1723. Kelinci anggora juga diperkenalkan di Jerman hingga tahun 1920, kelinci anggora mulai dikenal secara luas di dunia, khususnya Benua Eropa. (Baca Juga: Cara Mudah Ternak Kelinci)

Kelinci anggora memiliki banyak sekali manfaat, khususnya bagain bulunya. Di negara Eropa, seperti Prancis, bulu kelinci ini dimanfaat menjadi wool. Hal ini sangat berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia, kelinci anggora dipelihara hanya sebatas sebagai hewan peliharaan saja.

Kelinci ini memiliki banyak sekali jenisnya, antara lain: German anggora, Satin anggora, French anggora, Chinese anggora, dan sebagainya. Untuk ciri-cirinya, kelinci ini memiliki bulu tebal dan lembut, ujung telinga dan kaki depannya ditumbuhi bulu halus, dan warna bulunya sangat bervariasi. Ada yang berwarna putih, coklat, abu-abu, hitam, dan sebagainya. Harga kelinci Anggora pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 250.000-3.000.000 rupiah.

Kelinci Lop

Kelinci Lop merupakan jenis kelinci yang memiliki keunikan dibagian telinganya. Telinga kelinci pada umumnya tegak, sedangkan telinga kelinci lop menggantung dari pangkal kepala hingga pipi. Hal ini sangat mirip sekali dengan telinga anjing. Telinga kelinci akan terlihat menggantung pada saat kelinci berumur sekitar 2-4 bulan. Namun, kondisi tersebut juga tergantung varietas kelinci itu sendiri. Karena kelinci lop memiliki varietas yang sangat banyak. Varietas kelinci tersebut antara lain adalah english lop, dwarf lop, anggora lop, holland lop, french lop, dan sebagainya. Diantara varietas kelinci tersebut, english lop merupakan verietas kelinci lop yang paling terkenal. Harga kelinci Lop pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-300.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 300.000-4.000.000 rupiah.

Kelinci Flemish Giant

Merupakan jenis kelinci yang mempunyai tubuh yang sangat besar. Kelinci yang disebut sebagai kelinci raksasa ini memiliki bobot hingga 13kg. Bahkan, jika kelinci ini diberi makanan khusus, berat kelinci bisa mencapai 22,23kg. Kelinci dengan berat 22,23kg pernah ada dan masuk dalam Guinness World Records.

Kelinci Flemish Giant awalnya merupakan kelinci liar dari Argentina. Pada abad 18, para pedagang Belanda membawa kelinci ini ke Eropa untuk dibudidayakan. Tujuan dari budidaya kelinci Flemish Giant adalah untuk memenuhi permintaan daging kelinci. Karena permintaan terhadap daging kelinci mengalami peningkatan yang sangat besar, maka negara di dunia berlomba-lomba untuk membudidayakan kelinci jenis ini. Namun, di Indonesia, kelinci ini lebih cendrung dijadikan hewan peliharaan saja. Karena permintaan daging kelinci di Indonesia masih sangat rendah. Masyarakat Indonesia masih banyak yang tidak tega untuk memakan daging kelinci.

Kelinci Flemish Giant ini memiliki badan yang panjangnya bisa mencapai 51cm, bertulang tebal, telinga panjang dan tegak, kepala besar, dan memiliki kaki yang panjang, besar, dan kuat. Selain itu, kelinci Flemish Giant memiliki warna bulu hitam, biru, abu-abu, putih, dan sebagainya. Harga kelinci Flemish Giant pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 250.000-3.000.000 rupiah.

Kelinci Rex

Merupakan jenis kelinci yang berasal dari Prancis. Kelinci ini pertama kali ditemukan pada tahun 1919. Kelinci ini menjadi terkenal pada saat kelinci ini diikutkan dalam sebuah kegiatan di Prancis yang bernama Paris International Rabbit Show pada tahun 1924. Sejak itu, kelinci ini banyak diminati hingga kelinci ini mulai diimport ke Amerika Serikat dalam skala besar.

Sama halnya dengan kelinci flemish giant, kelinci ini dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Selain itu, bulu kelinci ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku jaket dan berbagai aksesoris pakaian. Karena kelinci ini memiliki bulu yang sangat indah.

Berdasarkan warna bulunya, kelinci rex ini dibagi menjadi beberapa varietas, antara lain: dalmatian rex, white rex, pappilon res, blue rex, black rex, dan sebagainya. Dari sekian varietas warna bulunya, kelinci yang mempunyai bulu white rex paling terkenal. Harga kelinci Rex pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-300.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 300.000-4.000.000 rupiah.

Kelinci Dutch (Kelinci Belanda)

Merupakan salah satu jenis kelinci yang berasal dari Belanda. Kelinci yang dikenal juga dengan sebutan kelinci Belanda ini memiliki bulu yang pendek dan bervariasi. Warna bulu yang dimiliki kelinci dutch ini antara lain: abu-abu, coklat, hitam putih, perpaduan atara warna-warna tersebut. Kelinci ini termasuk kelinci yang paling banyak peminatnya di Indonesia, baik para peternak maupun para pecinta hewan peliharaan. Para peternak memilih untuk mebudidayakan jenis kelinci ini karena kelinci ini mampu melahirkan sekitar 7-8 ekor. Harga kelinci Dutch pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-200.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 200.000-2.000.000 rupiah.

Kelinci English Spot

Merupakan salah satu jenis kelinci yang berasal dari Inggris dan mulai dibudidayakan pada abad 19. Kelinci yang dikenal juga sebagai English Rabbit ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara English lop, silver, flamish giant, dutch, Patagonian, angora, dan Himalayan.

Kelinci ini memiliki warna dasar pada bulunya putih yang dihiasi dengan spot berwarna coklat, hitam, atau abu-abu, memiliki spot bergaris coklat, hitam, atau abu-abu pada punggungnya. Pada bagian perut, terdapat bintik-bintik berwarna coklat, hitam, atau abu-abu. Bagian hidung, telinga, dan mata juga dihiasi spot yang berwarna hitam, coklat, atau abu-abu. Harga kelinci Dutch pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 250.000-3.000.000 rupiah.

Kelinci Himalayan

Kelinci himalayan merupakan kelinci yang memiliki warna dasar putih dan dihiasi dengan warna lain di bagian hidung, ekor, telinga, dan kaki. Selain itu, kelinci himalayan ini memiliki mata yang berwara merah muda. Kelinci ini memiliki berat sekitar 2,5-4,5kg. Namun, akibat dari perkawinan silang yang dilakukan oleh para breeder, kelinci ini memiliki tubuh yang mini dengan berat 1kg. Kelinci ini akan sangat aktif pada malam hari dan tidur di siang hari. Harga kelinci Dutch pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 150.000-700.000 rupiah.

Kelinci Lion

Merupakan keturunan dari kelinci Anggora Inggris. namun, kelinci ini bisa dikatakan sangat menyimpang dengan induknya. Kelinci ini memiliki ciri-cir yang berbeda dengan induknya. Hanya sebagian saja yang masih diwarisi oleh kelinci Lion ini, yaitu bulunya panjang. Kelinci lion ini sangat mirip dengan singa yang bagian leher dan wajahnya ditumbuhi bulu panjang. Harga kelinci Lion pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-200.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 150.000-700.000 rupiah.

Kelinci Havana

Kelinci Havana adalah jenis kelinci yang pertama kali dikembangkan di Belanda pada tahun 1898. Penyebaran kelinci ini tergolong cukup cepat. Pada tahun 1908, kelinci Havana mulai menyebar di Eropa, tahun 1916, kelinci ini mulai dipasarkan di Amerika, dan setelah itu, kelinci ini diperkenalkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 250.000-1000.000 rupiah.

Kelinci Netherland Dwarf

Merupakan jenis kelinci yang pertama kali ditemukan pada tahun 1940. Kelinci ini selanjutnya dikembangkan oleh J. Meijerig dan C. W. Calcar dan disebarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Kelinci ini termasuk kedalam kelinci berukuran mini. Berat badan untuk kelinci dewasa di bawah 1 kg.

Kelinci ini memiliki tubuh yang kerdil, kepalanya bulat, lehernya sangat pendek dan hampir tidak terlihat, dan telinganya kecil. Selain itu, kelinci ini memiliki variasi warna yang sangat banyak. Karena kelinci ini banyak dikawin silangkan dengan jenis kelinci lainnya. Namun, warna yang banyak diminati oleh para pecinta hewan peliharaan adalah warna putih dengan mata berwarna merah. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-200.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 200.000-1000.000 rupiah.

Kelinci New Zealand

Kelinci New Zealand pertama terkenal di negara New Zealand. Sehingga, kelinci ini dinamakan kelinci New Zealand. Kemudian, kelinci ini menyebar ke Amerika Serikat dan Australia serta keberbagai negara, termasuk Indonesia.

Kelinci New Zealand termasuk kelinci yang memiliki badan besar. Berat badan kelinci dewasa lebih dari 5 kg dan setiap melahirkan,kelinci ini mampu menghasilkan 10-12 ekor anakan. Kelinci ini memiliki variasi warna yang cukup banyak. Variasi warna tersebut digunakan sebagai namanya. Misal kelinci berwarna putih dinamakan kelinci New Zealand White, dan seterusnya. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 150.000-500.000 rupiah.

Kelinci Polish

Merupakan jenis kelinci yang memiliki ukuran badan kecil. Kelinci ini memiliki bulu yang halus, telinga tegak, dannya berwarna merah delima, hitam, atau biru. Kelinci ini sebenarnya memiliki keliripan dengan kelinci Netherland Dwarf. Yang membedakan dari kelinci Polish dengan kelinci Netherland Dwarf adalah ukuran tubuhnya. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 150.000-700.000 rupiah.

Kelinci Satin

Merupakan hasil mutasi dari kelinci Havana coklat. Kelinci ini memiliki 11 varietas warna, antara lain: California, tembaga, coklat, biru, merah, dan sebagainya. Untuk memiliki kelinci yang berbulu sehat dan tubuh ideal, maka kita perlu memberikan pakan dengan kandungan protein yang tinggi dan biji bunga matahari. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-200.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 150.000-1000.000 rupiah.

Kelinci American Chinchilla

Kelinci American Chinchilla atau disebut Chinchilla memiliki ukuran tubuh yang bervariasi. Ada yang memiliki ukuran tubuh kecil, besar, dan bahkan raksasa. Hal ini disebabkan oleh perkawinan silang dengan jenis kelinci lainnya. Misalnya saja kelinci Giant Chinchilla atau kelinci Chinchilla raksasa merupakan hasil dari perkawinan silang antara Standard Chinchilla dengan Flemish Giant. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 150.000-700.000 rupiah.

Kelinci Tan

Merupakan jenis kelinci yang pertama kali ditemukan oleh Culland Hall dekat Braillsford (Derbyshire) pada tahun 1880. Kelinci ini pertama kali ditemukan merupakan kelinci liar dan sangat penakut. Namun, setelah dikembangkan, kelinci memiliki tubuh yang gagah dan sangat menarik. Warnanya pun sangat cantik, yaitu perpaduan antara hitam dan coklat tua atau biru dan putih kebiruan. Harga kelinci ini pada saat umur 1-3 bulan sekitar 50.000-200.000 rupiah. Sedangkan, diatas 3 bulan harganya sekitar 200.000-1000.000 rupiah.

Demikian pembahasan mengenai Jenis-Jenis Kelinci Hias yang menggemaskan dan lucu. Semoga bermanfaat untuk menambah informasi Anda.

Bagikan informasi tentang 15 Jenis Kelinci Hias Yang Menggemaskan Untuk Dipelihara kepada teman atau kerabat Anda.

15 Jenis Kelinci Hias Yang Menggemaskan Untuk Dipelihara | PT.Natural Nusantara

Belum ada komentar untuk 15 Jenis Kelinci Hias Yang Menggemaskan Untuk Dipelihara

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 36%
Rp 160.000 Rp 250.000
Ready Stock / JABET
Popular!
Rp 110.000
Ready Stock / HERBA
OFF 13%
Rp 328.000 Rp 375.000
Ready Stock / P-TOMAT
SIDEBAR