• Kontak Kami
  • Hotline : 082133666560
  • SMS : 082133666560
  • BBM : D73783A1

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan di kirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya.
Beranda » Artikel Terbaru » Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Diposting pada 26 July 2017 oleh Mba Seli

Ikan Molly (Poecilia sphenops) berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan ini bersifat omnivore. Ukuran tubuhnya relatif cukup besar, maksimal sekitar 12 cm. Hingga kini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.

Di habitat aslinya, molly menghendaki suhu perairan 25 – 28° C dengan pH 8 dan kekerasan sekitar 14-20° dH. Namun, karena sudah lama dipelihara di daerah dengan pH netral (sekitar 7) maka saat ini tampaknya pembudidayaan di daerah ber-pH netral pun sudah tidak ada masalah. Hanya saja jenis ikan ini kurang toleransinya terhadap perubahan atau goncangan suhu yang tinggi.

Memelihara ikan hias di dalam akuarium telah menjadi kegemaran bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain bisa dijadikan alat untuk menyegarkan pikiran, memelihara ikan hias juga bisa dijadikan bahan hiburan untuk diri kita dan keluarga. Salah satu jenis ikan hias yang sangat fenomenal saat ini yaitu ikan molly. Tubuh ikan molly yang mungil namun sangat lucu menjadikannya ikan hias yang digemari oleh banyak orang. Fenomena ini sesungguhnya bisa kita jadikan ajang bisnis yang menguntungkan jika kita mau memanfaatkan peluang yang ada.

Dengan digemarinya ikan molly oleh banyak orang maka kita bisa mencoba budidaya ikan molly karena secara otomatis jenis ikan ini memiliki banyak konsumen. Namun jangan hanya membayangkan tentang keuntungannya saja, kita perlu mendalami seluk beluk teknik budidaya ikan molly supaya berhasil dalam menjalankan usaha tersebut. pada tulisan ini akan diberikan beberapa materi mengenai cara budidaya ikan molly yang bisa Anda semua pelajari sehingga bisa menjadi referensi untuk mendapatkan gambaran mengenai bagaimana cara beternak ikan molly.

Teknik Beternak Ikan Molly

Persiapan Kolam Budidaya

Teknik beternak ikan molly sebenarnya cukup mudah apabila kita memiliki ketekunan dan mau belajar dengan benar. Dalam budidaya ikan molly, mula-mula persiapan yang harus kita lakukan yaitu membuat kolam ikan dari semen maupun menyediakan akuarium dengan ukuran, biasanya yaitu 100 cm x 40 cm x 50 cm. Namun setidaknya kita harus menyiapkan dua jenis kolam, satu untuk tempat pembesaran dengan ukuran yang telah disebutkan tadi dan satu lagi untuk tempat perkawinan dengan ukuran yang lebih kecil.

Pembibitan Ikan Molly

Selain membeli langsung bibit-bibit ikan molly dari para penyedia bibit ikan untuk dibesarkan, kita juga bisa memproduksi sendiri bibit-bibit ikan molly dengan cara mengawinkan induk betina dan induk jantan. Jika kita ingin mendapatkan bibit-bibit yang bagus, maka hendaknya kita juga menyiapkan indukan-indukan yang bagus. Secara umum indukan yang bagus adalah induk betina dan induk jantan yang telah siap kawin, memiliki tubuh yang sempurna, dan juga bebas dari gangguan penyakit.

Perkawinan bisa kita lakukan dengan menempatkan induk ikan jantan dan betina di dalam satu wadah yang berukuran tidak terlalu besar. Induk akan segera saling mendekat dan memulai ritual mereka. Selanjutnya hanya dalam hitungan menit induk betina akan bertelur dan segera dibuahi oleh induk jantan. Proses tersebut dapat terjadi hingga satu jam. Selanjutnya telur-telur tersebut akan menetas dan menjadi larva.

Proses Pembesaran Ikan Molly

Setelah menjadi larva, bibit-bibit ikan molly akan terus berkembang hingga terlihat sudah habis kuning telurnya dan bisa berenang. Pada waktu ini maka kita perlu segera memindahkan semua bibit tersebut beserta induk jantan ke kolam atau akuarium yang lebih besar. Pakan yang diberikan untuk proses pembesaran bibit yaitu kutu air. Setelah sepuluh hari, ikan akan terlihat lebih besar dan kita perlu memindahkan mereka ke tempat yang baru lagi. Proses pemindahan tersebut bisa dilakukan setiap sepuluh hari supaya pertumbuhan ikan lebih optimal.

Pemberian Pakan dan Pengendalian Penyakit

Untuk pembesaran bibit ikan molly, pakan yang biasa diberikan yaitu kutu air, kuning telor mentah, dan infusaria. Kemudian setelah berumur 17 hari ikan bisa kita beri tambahan makanan berupa cacing sutra. Untuk menjaga kesehatan ikan, kita bisa mencampuri air dengan air rebusan daun ketapang dan garam yang telah diendapkan dengan jumlah secukupnya. Perlu diingat bahwa akuarium yang lebih besar akan lebih baik pula bagi pertumbuhan ikan molly. Itulah penjelasan tentang pemeliharaan atau cara ternak ikan molly.

Tips Beternak Ikan Hias Dengan Produk NASA

Bagaimana Cara Mendukung Budidaya Ikan Hias yang di kelola oleh Bpk H. Barus? yang bertempat di Deli Serdang, Sumatra Utara. Bpk H. Barus ini sudah lama sekali dan sangat berpengalaman tentang pembudidayaan ikan hias yang di peliharanya yaitu ikan koki, ikan koi, ikan manfish, ikan culan. setelah bapak H. Barus Mengetahui Info Produk Nasa TON dan VITERNA bisa di gunakan untuk ikan hiasnya. saya langsung mencari Produk Nasa seperti TON dan VITERNA untuk mendukung ikan hias dalam kurun waktu 6 bulan ini.

Cara Pemakaian Dosis TON dan VITERNA

Dilabel TON dengan pemakaian sebagai berikut:

  • Pada saat aplikasi kolam ( 10 btl /hektar)
  • Selama pembudidayaan berlangsung tiap 20hari sekali 1-2 /botol tiap kali aplikasi /hektarnya

Cara penggunaan VITERNA PLUS Sebetulnya dengan Mudah yang  bertujuan agar dapat digunakan oleh seluruh pelaku pembudidayaan, baik dalam skala industri maupun skala perikanan, peternakan secara merakyat atau tradisional.

Cara Aplikasi Atau Penggunaan Viterna

  • 1 botol viterna di ambil 100cc ditambahkan 1 liter air serta dicampur dengan 5 KG pakan pelet
  • Seblum di aplikasikan untuk pemberian makan ikan. pelet + viterna di angin-anginkan lebih dulu

Manfaat Produk Nasa Khususnya TON di kolam air lebih bersih serta planktonnya bertumbuh dengan baik yang warna air hijau. sebelum menggunakan TON kolam yang di pakai untuk ikan hias sering terjadi di tumbuhi lumut. sejak menggunkan TON dan Viterna ikan hias saya lebih cepat pertumbuhannya sehingga pada umur 2 sampai 2,5 bulan sudah bisa di jual. sebelum menggunakan produk produk nasa pertumbuhan ikan bisa di jual ke konsumen pada umur 3 bulan.

Hasil meningkat secara drastis 15 sampai 20% setelah menggunakan produk nasa yang di pakai TON dan VITERNA PLUS dan angka kematian yang terjadi pada ikan menurun. di bandingkan sangat jauh sekali perbedaannya sebelum menggunakan produk nasa dan ikan sering terkena penyakit yang tidak di ketahui sebabnya hingga kematian ikan hias mencapai 100%.

Memang ada perbedaannya setelah mengaplikasikan produk nasa, Nafsu makan ikan meningkat secara drastis. pakan atau pelet yang saya aplikasikan perharinya sebanyak 5 Kg (150 Kg/bln). dan Biaya pakan perbulannya 600.000, sedangkan biaya pemakaian produk produk nasa yang di rinci 3/4 botol 30.000 dan TON 1 BOTOL 75.000 JADI jumlah pemakaian produk nasa 105.000

Hasilnya per siklus 2 bulan = 1000 ekor/kolam x 12 kolam = 12.000 ekor,

12.000 ekor x 1000 /ekor = 12.000.000

Total biaya produksi per  siklus (2 bulan):

Pakan & Produk Nasa        = Rp. 1.410.000

Tenaga kerja               = Rp. 1.500.000

Biaya lain-lain            = Rp. 2.390.000

Jumlah                     = Rp.5.300.000

Dapat dilihat secara gamblang hasil bersihnya per siklus :

Rp. 12.000.000 – Rp. 5.300.000 = Rp. 6.700.000.

Melihat perkembangan yang di hasilkan sangat menggiurkan dan menambah laba atau keuntungan yang maksimal bagi anda berprofesi pembbudidayaan ternak ikan hias di seluruh nusantara ini. Dapatkan Produk Perikanan NASA untuk budidaya ikan molly, hanya dari distributor resmi PT Natural Nusantara.

Bagikan informasi tentang Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly kepada teman atau kerabat Anda.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly | PT.Natural Nusantara

Belum ada komentar untuk Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 200.000
Ready Stock / ESLIM
OFF 25%
Rp 123.000 Rp 165.000
Ready Stock / P-CENGKEH
OFF 40%
Rp 150.000 Rp 250.000
Ready Stock / CURCUM
SIDEBAR