• Kontak Kami
  • Hotline : 082223821112
  • SMS : 082223821112
  • BBM : D73783A1

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan di kirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya.
Beranda » Artikel Terbaru » 15 Jenis Ikan Komet Dan Cara Memeliharanya

15 Jenis Ikan Komet Dan Cara Memeliharanya

Diposting pada 26 July 2017 oleh Mba Seli

Ikan Komet adalah salah satu jenis goldfish yang besar di daratan Amerika Serikat. Jika dilihat secara sekilas ikan mas komet memiliki kesamaan dengan ikan mas pada umumnya, hanya saja memiliki tubuh yang sedikit lebih kecil dan lebih ramping di bandingkan ikan mas, selain itu ikan ini memiliki ekor yang menjuntai dan cagak.

Ikan mas komet memiliki keindahan yang terlukis jelas di tubuhnya serta memiliki corak yang begitu eksotis. Disamping itu, ikan mas komet memiliki bentuk tubuh yang menarik. Ikan mas komet jika dilihat dari segi bentuk tubuh, warna dan bentuk ekor memiliki perbedaan yang mencolok dengan jenis-jenis ikan goldfish lainnya.

Ikan mas Komet umumnya memiliki varian warna kuning, oranye, merah, putih, dan dan hitam mungkin jika dilihat dari segi warna masih ada kemiripan dengan famili Cyprinidae lainnya.

Namun jika dilihat dari segi kelincahan, Ikan mas komet lebih aktif dibandingkan jenis ikan goldfish lainnya. Selain itu juga ikan mas komet memiliki sirip ekor yang menjuntai. Hal ini membuatnya terlihat gagah dan indah dipandang ketika berenang bolak-balik di akuarium.

Bentuknya yang indah dan anggun membuat kita yang melihatnya pun ikut senang serta menentramkan. Karena ikan mas komet memiliki karakter gesit dan aktif maka sanagt cocok jika diletakkan di kolam maupun akuarium.

Selain itu, perawatan ikan mas komet terbilang relatif mudah dan simple sehingga memudahkan para penggemarnya dalam merawat. Ikan mas komet merupakan ikan yang berumur panjang antara 5 hingga 14 tahun dan bisa hidup lebih lama lagi jika dalam perawatan yang optimal.

Jenis-Jenis Ikan Mas Komet

  1. Sarasa Komet

Sarasa komet merupakan salah satu jenis ikan mas komet yang memiliki warna merah-putih pada tubuhnya. Jika pada jenis ikan koi ikan mas komet sarasa memiliki kemiripan dengan ikan koi Kohaku. Ikan Sarasa termasuk ikan yang tangguh sehingga mudah untuk dipelihara di rumah. Meskipun ikan komet Sarasa berasal dari China, namun kata ‘Sarasa’ sendiri berasal dari Jepang. Jenis ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis berekor ganda atau double tail.

  1. Ikan Komet Tancho

Ikan komet tancho memiliki sirip ekor tunggal serta mirip dengan komet sarasa hanya saja ikan ini memiliki tubuh yang berwarna silver dan sirip. Kadang terlihat bintik merah di kepala. selain itu, jenis ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis berekor tunggal atau single tail.

  1. Yellow Comet

Ikan yelow comet atau ikan komet kuning merupakan satu diantara ikan mas komet yang berwarna kuning di sekujur tubuhhnya serta merupakan jenis ikan komet Double tail (ekor bercagak). Namun ada sebagaian ikan komet kuning masuk dalam klasifikasi ikan mas komet berekor tunggal atau single tail. Ikan ini mudah kita temukan di pasar-pasar ikan hias di sekitar kita.

  1. Tiger Yellow Comet Fish

Tiger Yellow cometfish atau ikan komet harimau adalah ikan mas komet yang memiliki corak warna yang menyerupai seekor harimau. Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau jenis ikan komet yang berekor cagak. Ikan mas koki harimau ini masih sulit kita temukan di Indonesia kecuali di kota-kota besar. Jadi jangan heran jika harga yang ditawarkan oleh ikan ini cukup tinggi.

  1. Black Comet Fish

Black comet atau ikan komet hitam adalah salah satu jenis ikan komet yang memiliki warna hitam di sekujur tubuhnya kecuali bagian perutnya saja yang berwarna keemasan. Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor cabang atau cagak.

  1. Shubunkin Comet

Shubunkin comet atau ikan komet shubunkin adalah jenis ikan komet yang memiliki perpaduan warna yang serasi antara warna hitam, merah dan putih sebagai warna dasarnya. Yang membedakan antara ikan komet shubunkin dnegan ikan komet lainnya adalah warna bintik-bintik atau bercak hitam yang menyelimuti tubuhnya. Ikan komet shubunkin masuk dalam klasifikasi ikan mas jenis double tail yang mudah untuk kita temukan di paar-pasar ikan Indonesia.

  1. Red Shubunkin

Red shubunkin atau komet shubunkin merah adalah salah satu jenis dari ikan goldfish yang memiliki perpaduan bintik-bintik hitam serta warna merah sebagai warna dasarnya. Sedangkan dibagian kepalanya ada sedikit warna putih. jenis Ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

  1. Red Calico Comet

Red calico comet merupakan satu diantara jenis ikan goldfish yang memiliki warna merah dan bintik hitam disekujur tubuhnya sedangkan ekor dan sirip atasnya bewarna putih. Jenis Ikan komet ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor cagak.

  1. Marigold Comet

Marigold comet merupakan salah satu jenis ikan komet yang bewarna kuning keemasan serta masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis doubel tail atau berekor ganda. Jika dilihat secara sekilas ikan ini mirip dengan yellow komet hanya saja yang membedakan antar keduannya adalah bentuk ekornya dan warna.

  1. Common Comet

Common comet atau ikan komet perak adalah salah satu jenis ikan komet yang bewarna perak kecuali pada bagian perutnya. Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas jenis single tail atau berekor tunggal. Sama halnya dengan ikan komet lainya ikan ini adlah perenang yang handal.

  1. Comet Red Black

Comet red black adalah salah satu jenis ikan komet yang memiliki warna merah sebagai warna dasarnya dan warna hitam sebagai coraknya. Warna hitam ikan ini berada di punggung serta sirip dan sebagian ekornya. Ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau cagak.

  1. Comet Black White

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki corak hitam dan putih sebagai warna dasarnya. Jenis Ikan komet ini termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor ganda.

  1. Comet Sara

Merupakan jenis ikan komet yang memiliki keunikan di corak warnanya yang putih bersih dibagian tubuhnya dan bercak merah di bagian kepala. Ikan komet sara termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail atau berekor ganda.

  1. Red Comet

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki warna dasar merah di sekujur tubuhnya kecuali sirip-sirip dan ekornya yang bewarna putih. Selain itu ikan komet merah ini memiliki bentuk tubuh sedikit pipih dan membulat. Red comet termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

  1. Red Comet Slayer

Berbeda dengan red comet, ikan komet merah slayer ini memiliki tubuh yang lebih kecil dan ramping di bandingkan red comet. Selain itu, jenis ikan komet ini memiliki sirip yang menjuntai terutama di bagian ekor. Untuk warna sendiri, ikan komet merah slayer ini memiliki warna merah/orange di sekujur tubuhnya begitu juga dengan ekor. Ikan ini termasuk dalam klasifikasi ikan mas komet jenis double tail.

Harga Ikan Komet

Menurut penelitian terkini salah satu manfaat memelihara ikan hias di rumah adalah dapat mengurangi atau menghilangkan rasa stress dan penak kita setelah seharian bearktivitas.

Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan hias komet jangan khawatir karena ikan ini terbilang ikan hias dengan harga yang ekonomis. Anda tidak perlu repot-repot menguras dompet Anda karena ikan hanya di bandrol dengan harga Rp.5000-10.000 di pasar Indonesia untuk ikan komet berumur 1-2 bulan.

Sedangkan ikan komet yang sudah dewasa bisa dibandrol dengan harga Rp. 25.000-50.000.

Harga tersebut berlaku untuk kategori ikan komet yang banyak di pasaran. Sedangkan ikan komet import dan langka biasanya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi. Saat ini, Ikan mas komet banyak dibudidayakan hampir di seluruh dunia. Dalam kebanyakan kasus, ikan jenis goldfish atau ikan emas koki dibudidayakan untuk di pasarkan di pasar ikan hias maupun para pecinta ikan.

Namun, di Amerika bagian Utara, permintaan untuk ikan mas komet begitu tinggi saat ada acara karnaval-karnaval atau even-even yang berbau hiburan dimana setiap orang saling memberikan hadiah kepada sesamanya.

Di Indonesia sendiri budidaya ikan komet masih menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Tidak jarang para pembudidaya ikan hias memelihara ikan komet ini di kolam-kolam peternakannya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membudidaya ikan mas komet, kami akan membahas terlebih dahulu tentang cara memlihara ikan komet.

Cara Memelihara Ikan Komet

  1. Akuarium

Pilihlah akurium yang sesuai dengan selera dan isi kantong Anda. Untuk ukuran akuarium bisa disesuaikan dengan jumlah ikan komet yang akan kita pelihara, 7 ikan komet pada akurium yang berukuran 50 x 30 x 30 cm, ikan kometnya dapat hidup dengan optimal.

Cara pemeliharaan tersebut bisa di bilang cukup padat. Umumnya untuk 7 ekor ikan mas komet menggunakan akuarium ukuran 60 x 40 x 40 cm.

  1. Melengkapi akuarium dengan sistem aerator dan tanaman akuarium
  2. Mengganti air secara teratur

Pastikan air yang Anda gunakan adalah ikan yang benar-benar seteril dan bersih. Jika Anda menggunakan air PDAM sebaiknya diendapkan dulu semalaman agar kotoran mengendap. Mengganti air akuarium minimal 2 kali seminggu. Caranya dengan membuang separu air akuarium kemudian diganti dengan air yang baru.

  1. Memasukkan Ikan Komet

Masukkan ikan komet beserta wadah atau kantong plastik tunggu beberapa menit. Kemudian kantong plastik di buka agar ikan keluar dari kantong plastik menuju lingkungan akuarium. Hal ini berguna agar ikan dapat beradaptasi dengan air dan lingkungan baru.

  1. Makanan ikan komet

Ikan komet merupakan ikan yang rakus sehingga kita tidak perlu repot-repot membeli pakan khusus. Anda bisa menggunakan dua jenis pakan yang banyak dijual di pasaran. Yaitu pakan buatan atau pellet dan pakan alami, misalnya jentik nyamuk, cacing darah, atau roti tawar.

  1. Mengatasi Hama Penyakit

Hama yang sering menyerang ikan komet adalah kutu jarum. Indikasinya ikan komet yang terkena hama ini diantaranya adalah munculnya bercak-bercak pada tubuh ikan dan ikan terlihat lunglai. Cara mengatasinya bisa secara manual, yaitu mencabut kutu jarum dengan pinset. Atau bisa juga menggunakan obat khusus.

Demikian pembahasan mengenai Cara Memelihara Ikan Komet dan Jenis-Jenisnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang 15 Jenis Ikan Komet Dan Cara Memeliharanya kepada teman atau kerabat Anda.

15 Jenis Ikan Komet Dan Cara Memeliharanya | PT.Natural Nusantara

Belum ada komentar untuk 15 Jenis Ikan Komet Dan Cara Memeliharanya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 100.000
Ready Stock / NCP
Popular!
Rp 210.000
Ready Stock / ENBEPE
SIDEBAR