• Kontak Kami
  • Hotline : 081394499700
  • SMS : 081394499700
  • BBM : D73783A1

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan di kirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya.
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Bunga Sedap Malam Dan Cara Menanamnya

Manfaat Bunga Sedap Malam Dan Cara Menanamnya

Diposting pada 4 July 2017 oleh Mba Seli

Bunga Sedap Malam merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak dimanfaatkan sebagai hiasan dalam rumah karena bunga sedap malam mengeluarkan aroma yang dapat mengharumkan ruangan. Karena bunga sedap malam mengeluarkan aroma yang harum, tidak heran jika ada yang memanfaatkan bunga sedap malam sebagai bahan baku untuk pembuatan parfum dengan mengambil minyak bunganya.

Bunga sedap malam ternyata bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Meksiko. Jenis bunga ini biasanya mekar pada malam hari, oleh karena itu bunga sedap malam sering disebut ratu malam.karena harum dari bunga sedap malam identik dengan sesuatu yang manis, eksotis dan kompleks, banyak orang mulai tertarik untuk membudidayakannya.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Syarat Tumbuh

Jenis bunga ini dapat ditanam langsung pada media tanah pada lahan budidaya, atau tanah pada pot dan polybag. Bunga sedap malam akan baik pertumbuhannya jika ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian 600-1500 mdpl dengan pH tanah 5-5,7. Jika ditanam pada dataran sedang hingga tinggi, bunga sedap malam akan menghasilkan bunga dengan tangkai yang panjang dan kurang kuat sehingga nilai estetikanya akan berkurang.

Pembibitan

Siapkan bibit sedap malam berupa umbi, untuk memperbanyak tanaman sedap malam. Umbi tanaman bunga sedap malam dapat diperoleh dari tanaman yang sudah tua, sekitar umur 1,5 tahun dengan tinggi umbi sekitar 1-2 cm. Setelah umbi didapat, simpan umbi tersebut selama 1 bulan penuh agar nantinya cepat bertunas dan memperbesar kemungkinan tanaman tumbuh dengan sempurna saat ditanam.

Persiapan Lahan

Lahan untuk budidaya bunga sedap malam harus memiliki kandungan air yang cukup. Langkah pertama persiapan lahan yaitu melakukan penggemburan tanah terlebih dahulu. Bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar. Setelah itu biarkan lahan selama 2 minggu. Selanjutnya buat bedengan, dengan lebar 1 meter, panjang bedengan disesuaikan dengan panjang lahan, dan jarak antar bedengan yaitu 30 cm. Sebaiknya bedengan dibuat menghadap ke arah timur. Taburkan pupuk kandang ke atas bedengan. Buat parit di sekitar lahan agar pertumbuhan tanaman bunga sedap malam semakin baik.

Selanjutnya setelah lahan siap, umbi bunga sedap malam dapat ditanam. Pada bedengan dibuat lubang tanam, setinggi umbi yang akan ditanam. Jarak tanam yang dianjurkan yaitu 20 x 20 cm. Lalu masukkan umbi ke dalam lubang tanam dengan posisi tunas menghadap ke atas. Kemudian tutup tunas dengan tanah tipis. Taburkan pupuk dasar Urea pada lahan diantara dua tanaman, lalu siram bedengan dengan air hingga cukup basah.

Perawatan Tanaman Sedap Malam

Untuk menumbuhkan bunga sedap malam agar tidak mudah layu dan awet, Anda perlu mengetahui cara merawat bunga sedap malam yang benar. Tanaman bunga sedap malam sama seperti tanaman lain yang membutuhkan perawatan tertentu agar dapat tumbuh dengan maksimal.

Perawatan yang paling penting yaitu penyiraman. Lakukan penyiraman rutin setiap hari saat pagi dan sore hari hingga umbi mengeluarkan tunas. Apabila tanaman mulai tumbuh besar, dosis penyiraman dapat dikurangi menjadi satu hari sekali, pagi atau sore hari.

Ketika usia tanaman memasuki usia 6 bulan, perlu dilakukan pemupukan tambahan agar pertumbuhannya dapat maksimal. Untuk pupuknya, dapat gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Selain kedua pupuk tersebut, Anda dapat memakai pupuk buatan sendiri dari campuran Pupuk Urea dan TSP dengan perbandingan 1 : 1. Lakukan juga penyemprotan menggunakan POC NASA dan HORMONIK interval 1-2 minggu sekali. Agar kebutuhan nutrisi tanaman sedap malam dapat terpenuhi dan pertumbuhannya dapat maksimal dan cepat.

Perawatan tanaman sedap malam selain penyiraman dan pemupukan yaitu memberikan tanaman asupan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari sangat diperlukan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis atau pengolahan makanan. Dengan terpenuhinya semua kegiatan perawatannya, tanaman sedap malam akan lebih cepat berbunga.

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam

  1. Mengobati Bisul dan Bengkak

Bagian akar tanaman bunga sedap malam, dapat dimanfaatkan untuk memecahkan bisul dan mengurangi rasa sakit karena memar atau bengkak. Cara mengolah akar bunga sedap malam ialah dengan menyiapkan akar sedap malam seperlunya kemudian dicuci dengan air hingga bersih. Setelah akar dicuci bersih, akar lalu ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada area permukaan kulit yang terdapat bisul atau bengkak.

  1. Mengobati Katarak

Bagian kelopak bunga sedap malam dapat dimanfaatkan oleh penderita katarak. Untuk mengobati penyakit katarak, bunga sedap malam dimanfaatkan untuk mencuci mata. Caranya yaitu, siapkan 50 kuntum bunga sedap malam dan rebus ke dalam 1500 cc air, biarkan hingga mendidih. Diamkan hingga dingin, untuk digunakan mencuci mata.

  1. Mengobati Rematik

Meskipun bunga sedap malam digolongkan ke dalam tanaman hias, namun beberapa daerah banyak menjadikannya sebagai tanaman obat keluarga. Orang-orang memanfaatkan akar sedap malam untuk mengobati rematik. Caranya yaitu sediakan 30 gram akar bunga sedap malam, gula merah, 20 gram jahe merah, dan 400 cc air. Semua bahan direbus hingga mendidih, lalu disaring dan diminum airnya dua kali sehari.

  1. Radang Tenggorokan

Bagian bunga sedap malam yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan yaitu bagian akarnya. Siapkan akar sedap malam sebanyak 20 gram dan sambiloto segar sebanyak 25 gram. Campurkan kedua bahan ke dalam 600 cc air matang. Kemudian direbus hingga mendidih dan hanya tersisa air setengahnya. Kemudian ramuan tersebut disaring dan diminum sehari dua kali masing-masing 150 cc.

  1. Influenza

Pada bagian akar tanaman bunga sedap malam terkandung banyak senyawa kimia yang memiliki khasiat untuk pengobatan. Salah satunya yaitu untuk menyembuhkan sakit influenza. Cara memanfaatkannya adalah, siapkan akar sedap malam sebanyak 20 gram, jahe sebanyak 15 gram jahe dan 2 gram batang daun bawang putih. Semua bahan direbus ke dalam 600 cc air hingga tersisa separuhnya. Biarkan hingga dingin dan minum sehari dua kali masing-masing dengan takaran yang sama.

  1. Menambah Stamina

Apabila Anda memiliki aktivitas harian yang menguras banyak tenaga, segara kembalikan stamina Anda ramuan penambah stamina dari bunga sedap malam. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan bunga sedap malam dengan beberapa macam rempah-rempah. Siapkan 50 kuntum bunga sedap malam, 100 gram udang, 1 butir telur ayam, 50 gram kacang kapri, jahe dan bawang putih secukupnya. Tumis semua bahan dengan minyak goreng tanpa kolesterol dan tambahkan sedikit maizena encer, kemudian masak hingga matang.

  1. Sebagai Bahan Parfum

Selain mempunyai manfaat kesehatan, ternyata sedap malam juga bisa membuat seseorang lebih percaya diri karena mempunyai aroma pakaian yang wangi. Benar sekali, sedap malam telah lama dipakai oleh suku Asmat untuk membuat minyak wewangian. Hingga kini, banyak sekali pembuat produk wewangian yang menggunakan campuran bahan yang salah satunya adalah bunga sedap malam.

Demikian uraian mengenai Manfaat Dan Cara Menanam Bunga Sedap Malam. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Manfaat Bunga Sedap Malam Dan Cara Menanamnya kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Bunga Sedap Malam Dan Cara Menanamnya | PT.Natural Nusantara

Belum ada komentar untuk Manfaat Bunga Sedap Malam Dan Cara Menanamnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
Rp 181.000 Rp 225.000
Ready Stock / P-PADI
SIDEBAR