• Kontak Kami
  • Hotline : 081394499700
  • SMS : 081394499700
  • BBM : D73783A1

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan di kirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya.
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Bunga Kertas Dan Cara Merawatnya

Manfaat Bunga Kertas Dan Cara Merawatnya

Diposting pada 3 July 2017 oleh Mba Seli

Bunga Kertas adalah sebutan lain dari bunga bougenville. Bunga kertas dapat tumbuh dimana saja. Hanya perawatannya yang berbeda-beda, tergantung dari lokasi budidaya seperti dataran rendah atau dataran tinggi, misalnya. Bunga kertas mempunyai motif warna yang beragam. Bunga kertas biasanya berbunga pada musim kemarau. Warna bunga kertas yang sering dijumpai di Indonesia yaitu putih, kuning dan merah jambu.

Macam-Macam Jenis Bunga Kertas

California Gold

Bambino Baby Victoria

Gold Rush

After Glow

Bambino Baby Allison

Bambino Majik

Cherry Blossom

Bambino Ningili

Coconut Ice

Bambino Pedro

Alexandra

Bambino Baby Lauren

Barbara Karst

Ciri-Ciri Bunga Kertas

  1. Akar

Bunga kertas mempunyai akar tunggang yang tumbuh secara vertikal, berserabut dan ada akar cabang yang yumbuh melebat hingga kedalaman 50-80 cm.

  1. Batang

Bunga kertas merupakan tanaman perdu tegak yang tumbuh lurus dan mampu mencapai tinggi 2-4 m. Batang bunga kertas merupakan batang kayu berwarna coklat dan berbentuk bulat dengan duri-duri kecil. Percabangan pada tanaman bunga kertas merupakan percabangan monopodial.

  1. Daun

Daun tanaman bunga kertas berbentuk bulat melebar dan memanjang sekitar 1-4 cm. Tepi daunnya halus merata dengan tulang daun menyirip berjumlah tulang 3-5 atau lebih dan berwarna kehijauan muda hingga tua.

  1. Bunga

Disebut bunga kertas karena mahkota bunganya sangat tipis dan kaku seperti lembaran kertas. Bunga kertas merupakan bunga majemuk dan berbentuk seperti payung bersusun-susun. Muncul dan tumbuh di bagian ketiak daun.

Cara Menanam Bunga Kertas

  1. Menanam bunga kertas dengan cara stek batang

Pilih indukan tanaman bunga kertas yang telah dewasa, tumbuh subur, tidak cacat fisik dan tidak sedang berpenyakit. Potong batang tanaman dari tanaman indukan tersebut secara menyerong dan runcing. Setelah itu, tancapkan batang tersebut ke media tanam sedalam 3-5 cm. Lakukan penanaman dengan cara stek batang ini pada pagi atau malam hari. Ketika sinar matahari tidak begitu terik dan tingkat harapan hidup tunas baru semakin tinggi.

  1. Menanam bunga kertas dengan cara sambung pucuk

Teknik menanam dengan cara sambung pucuk dilakukan untuk tujuan agar memperoleh warna bunga yang beragam dalam satu batang tanaman. Teknik sambung pucuk cukup mudah dilakukan, yaitu hanya menyambungkan cabang muda tanaman bunga kertas dengan cabang tua yang telah dewasa. Selang beberapa waktu, cabang-cabang muda tersebut akan menyatu dengan cabang utama.

Cara Merawat Bunga Kertas

 

  1. Media Tanam

Tanaman bunga kertas menyukai media tanam berpasir. Karena pasir mempunyai pori-pori kecil yang berfungsi untuk melancarkan aliran air (drainase) dan udara dalam tanah. Selain itu, pasir juga dapat menstabilkan kelembaban. Disarankan untuk menggunakan pasir malang. Tambahkan pasir dan tanah ke dalam pot hingga memenuhi 1/3 tinggi pot.

  1. Lokasi Budidaya

Bunga kertas merupakan tanaman bunga yang membutuhkan penyinaran matahari penuh bahkan saat terik sekalipun. Oleh karena itu, sebaiknya tanam bunga kertas pada tempat terbuka yang pancaran sinar mataharinya tidak terhalang oleh apapun.

  1. Penyiraman

Pertumbuhan tanaman bunga kertas sangat dipengaruhi oleh penyiraman yang teratur. Pada tanaman bunga kertas, ada satu masa dalam satu tahun dimana tanaman tidak membutuhkan air pada masa itu. Masa tersebut disebut masa kering. Masa kering dimulai ketika 1-2 buah kuncup bunga mulai muncul dan biasanya terjadi selama 3-4 hari. Tujuan adanya masa kering yaitu untuk menstimulasi pertumbuhan kuncup-kuncup bunga tersebut.

Ketika masa kering, perlu dilakukan metode namanya stress air. Maksudnya adalah tanaman bunga kertas tidak perlu disiram selama beberapa hari dengan perhitungan tanaman tidak mati. Setelah metode stress air, daun tanaman akan rontok sebagian dan tanaman mulai mengeluarkan kuncup-kuncup bunga.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap cabang dan ranting tanaman. Lakukan pemangkasan secara teratur, guna memberi kesempatan cabang dan ranting untuk tumbuh dan menjadikan tanaman bunga kertas terlihat lebih subur dan cantik. Akar bunga kertas juga dipotong disesuaikan dengan volume pot tempat bunga kertas ditanam.

Potong cabang dan ranting bunga kertas yang panjangnya berlebihan. Dan biarkan tanaman bunga kertas hanya dipenuhi oleh banyak dedaunan saja. Karena supaya nutrisi dalam tanah dan pupuk hanya akan diserap dan terbagi-bagi ke daunnya saja untuk merangsang munculnya kuncup bunga yang baru.

  1. Pemupukan

Jika ingin memperoleh tanaman bunga kertas yang tumbuh subur, sehat dan lebat, lakukan pemupukan secukupnya saja. Proses pemupukan pada tanaman bunga kertas dilakukan saat masa kering berlangsung.

Gunakan pupuk organik NASA yaitu POC NASA dan HORMONIK atau pupuk kompos. Gunakan dengan dosis sesuai aturan yang tertera. Sebaiknya hindari pemakaian pupuk kimia. Lakukan penyemprotan pestisida organik untuk membasmi hama yang menyerang tanaman bunga kertas, seperti ulat maupun serangga yang berpotensi untuk merusak penampilan bunga kertas.

Manfaat Bunga Kertas

  1. Mengatasi Resistensi Insulin

Bunga kertas mengandung senyawa pinitol yang bermanfaat untuk mengatasi resistensi insulin. Resistensi insulin yaitu suatu kondisi dimana hormon insulin yang di sekresi oleh pankreas untuk mengontrol gula darah dalam tubuh tidak bekerja dengan semestinya. Yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan diabetes. Cara memanfaatkan bunga kertas untuk mengatasi resistensi insulin yaitu bunga kertas dikeringkan terlebih dulu kemudian dijadikan sebagai teh.

  1. Mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk, gunakan bagian kulit batang bunga kertas dengan cara mengeringkannya terlebih dulu. Kemudian tumbuk hingga halus seperti bubuk. Lalu campurkan bubuk bunga kertas dengan segelas air matang dan gunakan untuk berkumur.

  1. Membunuh Bakteri

Ekstrak daun bunga kertas ternyata cukup ampuh untuk melawan pertumbuhan bakteri merugikan pada pencernaan manusia. Terutama untuk menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lain.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Di negara Meksiko, bunga kertas telah lama dijadikan sebagai minuman alami untuk mengatasi hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Senyawa yang terkandung dalam bunga kertas mampu menghambat masalah penumpukan plak pada pembuluh darah yang merupakan faktor pemicu hioertensi dan kolesterol. Oleh karena itu, bunga kertas dapat digunakan sebagai ramuan herbal yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Rebusan daun bunga kertas bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, asam lambung dan diare. Senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam daun bunga kertas mampu memberi efek menenangkan bagi usus.

Cara membuat tebusan bunga kertas untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan yaitu, rebuslah beberapa lembar daun bunga kertas ke dalam 3 gelas ir, tunggu hingga air mendidih dan hanya tersisa setengah gelas saja. Campur air rebusan daun bunga kertas dengan madu. Ramuan daun bunga kertas siap untuk diminum.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Dan Cara Merawat Tanaman Bunga Kertas. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Manfaat Bunga Kertas Dan Cara Merawatnya kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Bunga Kertas Dan Cara Merawatnya | PT.Natural Nusantara

Belum ada komentar untuk Manfaat Bunga Kertas Dan Cara Merawatnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 26%
Rp 350.000 Rp 475.000
Ready Stock / NATURE
Rp 200.000
Ready Stock / NSB
Rp 145.000
Ready Stock / AMNE
SIDEBAR